Sabtu, 16 Desember 2017

5 Tempat Wisata di Raja Ampat yang Eksotis dan Menakjubkan


Mendengar kata Raja Ampat, yang terbayang di benak nyaris semua orang termasuk Anda pastilah objek wisata yang eksotis dan menakjubkan. Anda mau berpetualang ke sana tapi bingung soal biaya liburan ke Raja Ampat? Hm, biaya ini bisa disiasati, kok!

Tapi, sebelum itu, Anda bisa membaca ulasan tentang 5 tempat wisata yang eksotis serta menakjubkan di Raja Ampat ini. Meski biaya liburannya terbilang mahal, setelah mengunjunginya, pastinya Anda tak akan menyesal!

1. Kepulauan Wayag
Kepulauan Wayag terletak di Desa Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Untuk bisa ke sini, Anda bisa mengaksesnya dari Sorong dengan perjalanan sekitar 6 jam. Di Kepulauan ini, Anda akan menemukan gugusan pulau-pulau kecil yang merupakan pulau-pulau karang yang ditumbuhi pepohonan.

Anda bisa berjalan-jalan menggunakan kapal mengarungi hamparan laut biru dengan paduan warna hijau di sini. Dijamin, Anda tak akan bosan. Nah, saking jernihnya air di sini, Anda bisa melihat dengan jelas ikan-ikan berenang di antara terumbu karang dari atas kapal. Meski biaya liburan ke Raja Ampat ini besar, namun sebanding dengan yang Anda dapatkan.

2. Perairan Pulau Misool
Pulau Misool sebenarnya adalah salah satu dari 4 pulau besar yang ada di Raja Ampat. Anda bisa menikmati keindahan pulau ini tanpa harus berbagi dengan banyak orang. Yup! Pulau Misool sejatinya adalah pulau tak berpenghuni yang keindahannya sungguh tidak diragukan lagi.

Anda bahkan bisa menyaksikan pemandangan bawah laut pulau ini tanpa harus menyentuh air. Air di pulau ini sangat bening dengan warna turqoise yang sangat mempesona. Hamparan pasir putih di sepanjang pantai dihiasi dengan pohon hutan tropis dan mangrove pastinya membuat Anda betah berlama-lama di sini.

3. Stasiun Pencucian Pari Manta
Tempat wisata yang menakjubkan lainnya di Raja Ampat adalah Stasiun Pencucian Pari Manta. Sebenarnya, nama tempat ini hanya istilah dari aktifitas ikan pari manta yang pesolek. Hal ini dikarenakan ikan pari manta biasanya sanggup menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk membersihkan diri.

Tempat ini ada di Waigeo dan ada 2 stasiun ikan pari di sini. tapi ingat, Anda harus meminjam tali berkait untuk mengaitkan tubuh Anda ke hardcolar jika ingin melihatnya, ya! ini berguna untuk menjaga keselamatan Anda.

4. Pulau Salawati
Di kawasan Raja Ampat, terdapat pulau yang bernama Pulau Salawati. Perairan pulau ini dulunya adalah saksi dahsyatnya perang dunia kedua yang mengguncang Papua. Banyak ceceran kapal laut dan pesawat di sini seperti Shinwa Maru, Pesawat P40 dan lainnya. Nah, bangkai pesawat itu sekarang menjadi tempat wisata yang eksotis di Raja Ampat.

Anda bisa melihat bangkai pesawat dan kapal laut yang berkarat yang ditumbuhi terumbu karang serta ikan yang berenang di sekitarnya di sini. Ditambah suasana perairan yang jernih dan lingkungan yang bersih, pastinya Anda tak berniat angkat kaki cepat-cepat.

5. Desa Sauwandarek
Desa Sauwandarek adalah ibukota dari Kabupaten Raja Ampat yang memiliki keunikan semua penduduknya masih tinggal di dalam rumah beratap rumbia. Hebatnya, di desa ini semua warganya baik muda maupun tua bisa memproduksi topi dan tas yang terbuat daru daun pandan laut. Anda bisa menjadikannya oleh-oleh ketika pulang nanti.

Biaya liburan ke Raja Ampat memang terbilang besar. Untuk menyewa kapal dari Sorong ke Kepulauan Wayag saja Anda harus mengucurkan dana hampir 6 juta rupiah. Perjalanan yang menguras kantong, kan? Tapi sekali lagi, dana yang Anda keluarkan pastinya sebanding dengan kenikmatan dan keseruan yang Anda dapatkan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar